Selasa, 17 November 2009

“Landasan ilmu; Ontologi, Epistimologi,dan Aksiologi”

§ Poin penting dan Poin yang harus tahu

Di dalam mempelajari ilmu atau membahas ilmu, ini sangat erat sekali hubungannya dengan landasan ilmu. Landasan ilmu sendiri terdiri dari tiga bagian diantaranya:

I. Ontologi

Ontologi (hakikat apa yang dikaji), membahas tentang apa yang diketahui oleh ilmu, apa kajian ilmu dan obyek kajian tersebut. Menurut Langeveld, dalam membicarakan hakikat segala sesuatu terdapat tiaga bagian, yaitu kosmologi (Ontologi Hakikat Benda), Ontologi Hakikat Manusia (Antropologi) dan Teologi atau Theodecea yang membahas khusus mempersoalkan hakikat Tuhan.

II. Epistimologi

Epistimologi (cara mendapatkan pengetahuan yang benar), membahas tentang sumber-sumber ilmu, hakikat ilmu, cara memperoleh ilmu dan validasi kebenaran.

III. Aksiologi

Aksiologi ilmu membahas tentang untuk apa ilmu digunakan atau manfaat ilmu. Aksiologi dibagi menjadi tiga macam, yaitu aksiologi nilai kebenaran (logika), aksiologi nilai kebaikan (etika), dan aksiologi nilai keindahan (estetika).

  • Komentar kritis

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa suatu ilmu dapat dikatakan sebagai sebuah disiplin ilmu kalau sudah mencangkup dengan ontologi, epistimologi dan aksiologi.

  • Informasi tambahan

Dari uraian di atas sebenarnya masih sedikit banyak kekurangan oleh karen itu bagi para mahasiswa atau pelajar sudah sepantasnya memiliki buku-buku mengenai filsafat ilmu dan logika, agar dapat mengetahui dengan benar, akurat dan terpercaya mengenai hal yang bersangkutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar